Animasi di era moderen sudah berkembang pesat . Tidak hanya
digunakan untuk membuat film kartun yang digambar manual dengan tangan. sebelum
membahas tentang animasi dan pemanfaatannya kita perlu ketahui dulu apa itu
animasi, jenis-jenis animasi dan pemanfaatannya dalam industri era moderen.
ANIMASI
Yang dimaksud Animasi adalah gambar yang bergerak, berasal
dari kumpulan objek yang telah di susun sedemikian rupa dan bergerak mengikuti
alur yang sudah ditetapkan setiap hitungan waktu. Dalam hal ini yang dimaksud
dengan “objek” dapat berupa tulisan, gambar hewan, gambar tumbuh-tumbuhan,
gambar manusia, dan lain-lain.
Animasi merupakan grafika yang dimana menampilkan gerakan secara
berurutan dengan cepat sehingga objek tersebut terlihat hidup. Dengan
perencanaan yang benar dan matang maka alur pergerakan animasi akan menarik
untuk di tonton. Jika dalam dunia multimedia animasi merupakan cara menggunakan
program pada komputer untuk menghasilkan gerak suatu objek pada layar.
Sedangkan orang yang membuat animasi dikenal dengan sebutan animator.
JENIS BERDASARKAN TEKNIK PEMBUATANNYA
a. Animasi cel
Animasi cel atau celluloid, merupakan tekhnik pembuatan
animasi yang populer. Animasi cel umumnya merupakan lembaran-lembaran yang akan
membentuk animasi tunggal. Jadi masing-masing cel merupakan bagian terpisah.
Misalnya seperti objek dan juga latar belakangnya terpisah, sehingga bisa
bergerak secara mandiri.
b. Animasi frame
Animasi frame dapat di katakan merupakan teknik pembuatan
yang sangat sederhana, contoh sederhananya seperti saat kita membuat
gambar/objek yang berbeda-beda pada lembaran buku, lalu kita membuka buku
tersebut secara cepat dengan jari kita maka gambar tersebut akan terlihat
seolah-olah bergerak. Jadi teknik pembuatan animasi frame dapat di artikan
sebagai teknik yang menggunakan rangkaian gambar yang ditunjukan secara
bergantian. Jika kita menggunakan aplikasi flash animasi ini dapat dibuat
dengan teknik keyframe.
c. Animasi path
Merupakan teknik pembuatan animasi yang berasal dari objek
yang di gerakan, gerakan tersebut mengikuti garis yang telah di tentukan oleh
pembuatnya. Pada aplikasi macromedia flash, teknik animasi path dapat digunakan
dengan menggunakan layer tersendiri sebagai lintasan dari objeknya. Umumnya
pada animasi path menggunakan perulangan, sehingga animasinya terus menerus
berulang hingga mencapai suatu kondisi yang di inginkan.
d. Animasi sprite
Dengan teknik ini memungkinkan objek dapat bergerak secara
individu, jadi objek lainnya hanya sebagai background atau latar belakang yang
tidak dapat bergerak. Pada animasi sprite, objeknya bergerak tidak dalam waktu
bersamaan tapi mempunyai frame per detik yang berbeda, sehingga jika ingin di
edit maka harus di edit setiap masing-masing objek.
e. Animasi spline
Pada teknik pembuatan animasi spline, objek yang bergerak
tidak mengikuti lintasan garis lurus. Dengan teknik ini memungkinkan objek yang
bergerak misalnya mengikuti lintasan seperti berbentuk kurva.
f. Animasi clay
Seperti yang sebelumnya sudah di jelaskan, bahwa animasi ini
menggunakan clay (tanah liat) sebagai objeknya. Tentu yang di gunakan bukanlah
tanah liat biasa, tapi umumnya menggunakan palasticin yaitu suatu bahan yang
lentur/elastis. Objeknya di gerakan lalu di ambil gambarnya secara satu per
satu. Setelah itu di edit lalu di susun, maka akan memberikan efek seolah oleh
objek tersebut bergerak.
g. Animasi vektor
Dapat dikatakan animasi verktor merupakan teknik pembuatan
animasi yang menggunakan rumus matematika dalam menggambarkan objeknya.
Sebenarnya animasi vektor sama dengan animasi sprite, hanya saja pada animasi
sprite menggunakan bitmap untuk menggambarkan objeknya. Vektor disebut juga
dengan garis yang mempunyai ujung, arah, dan panjang. Pada animasi vektor objek
gambar umumnya bergerak sendiri dengan latar belakang yang diam.
h. Animasi Karakter
Salah satu contoh animasi karakter misalnya seperti animasi
3D yang sering di gunakan untuk membuat suatu film. Pada animasi karakter
setiap objek memiliki ciri dan gerakan yang berbeda, tapi setiap objek tersebut
bergerak secara bersamaan. Tentunya untuk membuat animasi karakter membutuhkan
peralatan komputer, dan perangkat lunak multimedia.
Pemanfaatan Animasi Dalam Pembuatan Game
video di atas menjelaskan Pemanfaatkan Animasi juga digunakan
dalam pembuatan game ,salah satunya dalam pembuatan game GOD OF WAR (2018). actor memperagakan adegan yang nantinya akan
di samakan gerakannya dengan adegan karakter di dalam game. Actor tersebut
menggunakan baju khusus yang nantinya akan di proses oleh computer.
Pemanfaatan Animasi Dalam Video Clip
Animasi juga bisa di manfaatkan untuk membuat adegan yang tidak bisa diperagakan oleh aktor manusia asli karena alasan keselamatan dan lain lain. salah satu contohnya ada dalam video animasi K/DA - POP/STARS yang dibuat untuk mempromosikan game LEAGUE OF LEGENDS
Adegan dimana karater duduk diantara 2 kereta yang sedang melintas. adegan tersebut hanya bisa dilakukan dengan animasi karena jika menggunakan aktor manusia asli sangat berbahaya untuk aktor yang memerankan adegan tersebut.
Adegan dimana karakter berdiri dengan background bulan di belakang sangat mustahil dilakukan dikehidupan nyata. Adegan ini hanya bisa dilakukan dengan animasi, kalaupun adegan tersebut dilakukan tidak dengan animasi pasti akan memakan biaya yang sangat besar untuk membuat adegan seperti itu terlihat bagus dikamera.
Pemanfaatan Animasi Hologram 3D
Dalam video Live stage performance tersebut ada karakter hologram 3D yang dimunculkan di atas panggung tetapi hanya bisa dilihat melalui kamera. karakter hologram 3D tersebut menari di atas panggung bersama dengan penyanyinya dan seolah berinteraksi dengan penyanyi aslinya.
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar