BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan
tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan
menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan
instruksi-instruksi yang telah tersimpan didalam memori. Komputer sering
kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik di gunakan untuk
meringankan pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk bekerja. Komputer
telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan
oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpun sudah terbiasa dengan
alat elektronik ini.
Pada awal diciptakan, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung
saja. Namun seiring dengan perkembangan zaman, maka peran komputer semakin
mendominasi kehidupan. Dengan adanya komputer, beberapa hal yang menjadi
kekurangan manusia dapat digantikan oleh komputer walaupun tidak semua
kegiatan. Begitu juga dengan komputer, komputer membutuhkan manusia karena
tanpa adanya sentuhan manusia, komputer tersebut takakan berguna.Sejak
dahulu, manusia telah melakukan proses pengolahan data. Manusia juga menemukan
alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu dalam penghitungan dan
pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.
Perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat, hal ini terlihat
pada era tahun 80-an jaringan komputer masih merupakan teka-teki yang ingin
dijawab oleh kalangan akademisi, dan pada tahun 1988 jaringan komputer mulai
digunakan di universitas-universitas, perusahaan-perusahaan, sekarang memasuki
era milenium ini mengenai computer, tidak lepas dari sejarah perkembangan
computer dari generasi ke generasi itu sendiri. Banyaknya para pakar yang
berusaha untuk menghadirkan computer terbaik yang dapat digunakan manusia
selama bartahun-tahun sehingga terciptalah computer yang praktis dan minimalis
sehingga dapat memudahkan kerja manusia. Perkembangan komputer dari generasi ke
generasi terus berubah dan semakin berbenah dalam hal tehknologinya.
1.2
Rumusan
Masalah
Dari latar belakang diatas
diperoleh perumusan masalah sebagai berikut :
1) Apa
definisi dari komputer ?
2)
Bagaimana sejarah perkembangan komputer ?
3)
Bagaimana perkembangan komputer dari generasi ke
generasi ?
4)
Apa manfaat dari komputer ?
5)
Bagaimana kritik para ahli tentang perkembangan
komputer ?
1.3 Tujuan
Berdasarkan perumusan masalah
dapat diketahui tujuan pembahasan materi ini yaitu :
1)
Untuk mengetahui definisi dari komputer.
2)
Untuk mengetahui sejarah perkembangan komputer.
3)
Untuk mengetahui perkembangan komputer dari generasi ke generasi
4)
Untuk mengetahui manfaat dari komputer.
5)
Untuk mengetahui kritik para ahli tentang perkembangan komputer.
1.4
Manfaat
Penulisan laporan ini memiliki manfaat sebagai berikut :
1)
Mengetahui proses kerja komputer sehingga
dapat dengan bijak menggunakan dalam kehidupan sehari-hari.
2)
Dapat mengenali asal mulaa terlahirnya computer
3)
Dapat memanfaatkan komputer diberbagai bidang dalam kehidupan
sehari-hari.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Definisi Komputer
Istilah komputer
(computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to
compute atau to reckon). Menurut Blissmer (1985), computer adalah suatu alat
elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses
input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan
hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.Sedangkan
menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi
data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara
otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan
output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer.
Namun, pada
intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang
dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu
program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan,
serta bekerja secara otomatis. Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah
penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output).
Pengolahan data dengan menggunakan computer dikenal dengan nama pengolahan data
elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP).
Data adalah
kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa
angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data kedalam bentuk yang
lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian,
informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan
bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta.Oleh karena itu, pengolahan data
elektronik adalah proses manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih
bermakna berupa suatu informasi.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan
informasi, supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada
elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah
software, hardware dan brainware. Hardware (perangkat keras/piranti keras)
adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat
dijamah. Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. Brainware adalah manusia
yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
2.2 Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah perkembangan komputer bermula dengan berkembangnya ilmu
matematika. Dimulai dengan penggunaan jari-jemari manusia, kemudian tercipta
alat Abakus yang dapat melakukan operasi hitung sederhana. Pada tahun 1617,
John Napier telah mengemukakan logaritma dan alat ini dipanggil tulang Napier
yang dapat melakukan berbagai macam perhitungan angka-angka.Kemudian pada tahun
1642 Blaise Pascal yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia
sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) berupa kotak
persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline. Pascaline, menggunakan delapan
roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini
merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah
hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal,
seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz
(1646-1716) dapat menyempurnakan Pascaline yang kemudian disempurnakan oleh
Charles Xavier Thomas de Colmar melalui Kalkulator mekanik Colmar, yang dapat
mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat
tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi
mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh profesor matematika
Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Penemuan Babbage adalah Mesin
Differensial yaitu suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan
differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan
program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage
tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang
pertama, yang disebut Analytical Engine.Asisten Babbage, Augusta Ada King
(1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin Anlytical Engine ini.
Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan
mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu,
pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi
untuk dimasukkan kedalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita
yang pertama.Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan
sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Mesin
uap Babbage tidak pernah selesai dikerjakan dan tampak sangat primitif apabila
dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut
menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan
sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari
Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi
instruksi operasi bagi mesin tersebut.
Pada tahun 1887 Herman Hoolerith telah mempopularkan penggunaan
"card" sebagai alat input data yang telah banyak digunakan penduduk
Amerika.Howard Aiken memperkenalkan penggunaan mesin elektromekanika yang
disebut "Mark 1" pada tahun 1937, elektronik dan mekanikal. Mesin ini
dapat menyelesaikan masalah fungsi-fungsi trigonometri di samping
perhitungan-perhitungan yang telah dilakukan mesin-mesin sebelum ini. Bapak yang satu ini diberikan suatu tugas untuk menemukan
cara cepat dalam melakukan sensus penduduk yang sebelumnya pada tahun 1880
memerlukan 7 Tahun. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data
sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu
dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil
sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu.
Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut
berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dpat
ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan
menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada
tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah
mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and
Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis.
Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk
permrosesan data hingga tahun 1960.
Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk
permrosesan data hingga tahun 1960.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya.
Vannevar Bush (1890- 1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan
persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan
persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan
akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan
poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V.
Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan
aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil
kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan
bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.
Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam
bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik
pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber
pendanaan.
2.3 Generasi Komputer
Komputer Generasi Pertama 1940 - 1959
Komputer generasi pertama lazimnya
digunakan khususnya untuk tujuan saintifik. Oleh kerana ukurannya yang amat
besar, ketidaktepatan pemprosesan data dan harganya yang tinggi, ramai yang
mengangap bahwa komputer akan kekal sebagai suatu alat yang digunakan untuk
tujuan yang saintifik saja, bukan untuk kegunaan umum.Komputer- komputer
generasi pertama
menggunakan tiub-tiub vakum untuk memproses dan menyimpan maklumat.
Tiub vakum
berukuran seperti mentol lampu kecil. Ia menjadi cepat panas dan mudah
terbakar. Beribu-ribu tiub vakum diperlukan pada satu masa supaya setiap yang
terbakar tidak menjelaskan operasi
keseluruhan komputer- komputer juga menggunakan tenaga elektrik yang
banyak sehingga kadang-kadang menyebabkan gangguan pada kawasan sekelilingnya.
Komputer generasi pertama memiliki ciri-
ciri sebagai berikut :
1. Komponen yang dipergunakannya adalah
tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
2.
Program
hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
3.
Ukuran
fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
4.
Cepat
panas.
5.
Proses
kurang cepat.
6.
Kapasitas
penyimpanan kecil.
7.
memerlukan
daya listrik yang besar
8.
Orientasi pada aplikasi bisnis.
Yang termasuk komputer generasi
pertama antara lain
- ENIAC
(Electronic Numerical Integrator and Calculator)
Pada Tahun 1946 Dr John Mauchly dan Presper Eckert menciptakan computer
dengan nama ENIAC, ENIAC terdiri dari 70.000 resistor, 5 juta titik soldier dan
18.000 tabung hampa udara, computer tersebut memiliki ukuran yang sangat besar
dan mengkonsumsi daya sebesar 160.000 Watt, pada jamannya computer ENIAC
merupakan computer serbaguna atau general purpose computer yang dapat bekerja
1000 kali lebih cepat dibandingkand engan computer Mark I.
- EDVAC
(Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu
sumber tunggal. Pada tahun 1945 Von Neumann mendesain Electronic Discrete
Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori yang dapat digunakan
untuk menampung baik itu program ataupun data. Penggunaan tabung-tabung
vakumpun telah dikurangi di dalam EDVAC, dan untuk proses perhitungan dapat
dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan dengan ENIAC. Dengan menggunakan
teknik ini komputer dimungkinkan untuk dapat berhenti pada suatu saat dan
kemudian melanjutkan kembali pekerjaannya. Kunci utamanya adalah arsitektur
von.
- EDSAC
(Electronic Delay Storage Automatic Calculator)
EDSAC telah memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri)
dalam tube untuk menyimpan memori.
- UNIVAC I
(Universal Automatic Calculator)
Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVACI pada tahun 1951, Komputer ini
merupakan jenis komputer yang dapat digunakan untuk memproses data perniagaan
dan merupakan komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von
Neumann. Komputer UNIVAC ini pernah dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat
dan General Electric. UNIVAC pernah menghasilkan sesuatu yang mengesankan yaitu
dengan keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower
dalam pemilihan presiden di tahun 1952. Salah satu karakteristik dari Komputer
Generasi pertama adalah intruksi operasi yang dibuat secara spesifik untuk
suatu tugas tertentu. Dalam setiap komputer terdapat program yang berbeda yang
disebut “bahasa mesin” (machine language).
Hal ini menyebabkan komputer sulit
untuk diprogram dan adanya batasan pada kecepatan. Salah satu ciri yang sangat
menonjol dari komputer generasi pertama adalah penggunaan tabung hampa udara
yang membuat bentuk komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar, selain
itu juga penggunaan silinder magnetik dalam proses penyimpanan data.
Komputer Generasi Ke Dua ( 1959 - 1964
)
Pada tahun 1948, penemuan transistor
sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube
vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik
berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada
tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik
membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih
dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin
pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat
superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.
Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat
menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh
peneliti atom.
Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di
Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner.Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer
generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.
Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya
menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat
diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket,
memory, sistem operasi, dan program.Salah satu contoh penting komputer pada
masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.
Pada
tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi
kedua untuk memprosesinformasi keuangan.Program yang tersimpan di dalam
komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas
kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang
pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak
faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau
menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat
itu.
Bahasa pemrograman Common Business-Oriented
Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini
memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam
karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer).
Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer
generasi kedua ini.
Komputer generasi kedua memiliki ciri- ciri sebagai berikut :
1.
Ukuran fisik komputer generasi kedua lebih kecil dari
komputer generasi pertama.
- Proses operasi cukup cepat, yaitu jutaan operasi per detik.
- Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.
- Sirkuitnya berupa transistor untuk menggantikan tabung vakum.
- Kapasitas memori lebih besar, memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
- Membutuhkan lebih sedikit daya listrik,sehingga lebih menghemat pemakaian listrik.
- Berorientasi pada aplikasi bisnis dan teknik.
- Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language).
Komputer Generasi Ke Tiga (1964 - awal 80-an)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun
transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan
masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan
sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC
mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil
yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih
banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem
operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai
program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor
dan mengkoordinasi memori komputer.Jenis komputer terkecil mikrokomputer telah
muncul dan paling cepat menjadi popular seperti Apple II, IBM PC dan
Sinclair. Banyak bahasa pemrograman telah muncul seperti BASIC, Pascal dan
PL/1. Kebanyakan mikrokomputer didasari dengan tafsiran bahasa secara mendalam,
chip ROM untuk menggunakan bahasa BASIC.
Komputer
generasi ketiga memiliki ciri- ciri sebagai berikut :
1.
Ukuran fisik komputer lebih kecil dari generasi kedua
karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Sehingga bias menghemat
ruangan untuk menaruh komputer jenis ini.
2.
Pemrosesan lebih cepat dari generasi kedua.
3.
Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated
Circuit).
4.
Kapasitas memori lebih besar.
5.
Penggunaan listrik lebih hemat dari generasi kedua.
6.
Peningkatan dari softwarenya.
7.
Harga lebih murah.
Komputer Generasi Ke Empat (awal 80-an)
Setelah
IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas, yaitu mengecilkan ukuran sirkuit
dan komponen-komponen elektrik. Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro
processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan
komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI)
meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang
sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping
uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga
meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.Chip Intel 4004 membawa
kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer dalam
sebuah chip yang sangat kecil.
Komputer Generasi Ke Lima (awal 1990)
Mendefinisikan komputer generasi
kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Beberapa
komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.
Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini
tampak sederhan, namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang
diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung
pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara
langsung.
Banyak kemajuan di bidang disain komputer
dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua
kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem
yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan
lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa
ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi
jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new
Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan
bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan
proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paragdima.
Komputer pada generasi ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
Komputer pada generasi ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.
Komponen yang digunakan adalah VSLI (Very Large
Scale Integration).
2.
Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer
yang dapat menerjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia dan
mendiagnosa penyakit.
3.
Kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan
model non Neumann.
4.
Teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran
elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
5.
Teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai
kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya
mampu memroses miliaran operasi perdetik
Komputer Generasi Ke Lima (sekarang-masa
depan)
Komputer generasi ke-6 ini
merupakan komputer yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga untuk
komputer generasi ke-6 belum dapat dipastikan bentuknya akan seperti apa. Tapi
ada beberapa gambaran yang dapat ditemukan tentang komputer generasi ke-6.
Komputer generasi ke-6 menghasilkan teknologi komputer yang yang canggih dan
mempunyai kemampuan untuk mengarsiteki biochip. Biochip ini terbuat dari bahan
protein sintetis yang kelak akan menjadi manusia tiruan. Selain itu para
ilmuwan sekarang sedang merintis suatu komputer tanpa program (programless
komputer). Komputer masa depan ini tidak memerlukan penulisan atau pembuatan
program.
Dasar dari programless
komputer ini adalah riset tentang mikrooptik dan input-output radio. Komputer
masa depan yang termasuk generasi ke-6 ini dapat dikatakan sebagai komputer
tercepat karena bekerja dengan system vector processor, yakni adanya penggunaan
beberapa buah processor yang dapat bekerja sama secara parallel. Kecepatan
super komputer ini sama dengan 1 milyar operasi per detik. Komputer generasi
ke-6 selain dapat digunakan secara personal, dapat pula dimanfaatkan oleh
industry-industri besar seperti melakukan perancangan pesawat terbang,
peramalan cuaca, dan pengeboran minyak.
Ciri-ciri komputer generasi ke
enam secara prinsip untuk masa depan, yaitu;
1.
Ukuran semakin kecil, mudah dibawa.
2.
Harga lebih murah dan terjangkau.
3.
Kualitas lebih baik.
4.
Dapat berbicara dengan manusia.
5.
Mempunyai kecerdasan mendekati kemampuan manusia.
6.
Lebih canggih dan mudah didapatkan.
2.4
Manfaat
Komputer
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan sangat
membantu, mempercepat, dan mempermudah pekerjaan manusia seperti berikut :
1. Bidang Pendidikan
Bidang Pendidikan Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai
administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran
sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen
siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran
bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring
perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat
kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan
pendidikan tiap-tiap sekolah.
2. Bidang Kesehatan
Bidang Kesehatan Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan
pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah ,
memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan
Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008.
Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam
seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang
digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
3. Bidang
Transportasi
Bidang Transportasi Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan
yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk
menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan
setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan
pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer. Dengan komputer, narigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga
penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat
menggunakan komputer.
4. Bidang
Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan
akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu
berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap ,
jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
5. Bidang industri Otomotif
5. Bidang
industri Otomotif
Mobil-mobil
di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan
robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan
komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan
perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
6. Bidang
Jasa Konstruksi
Bidang Jasa Konstruksi Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain
gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan
tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk
perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau
STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7.
Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang
di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku
atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa
menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia,
butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama
untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
8. Bidang
Industri Perfilman
Bidang Industri Perfilman Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan
penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang
dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan
animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film
Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan
kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolaholah
mirip dengan kejadian nyata.
9. Bidang
Industri Rekaman
Bidang Industri Rekaman Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu
pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak
lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer.Untuk mencetak album kedalam
VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau
pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
10. Bidang
Pertahanan dan Keamanan
Bidang Pertahanan dan Keamanan Bidang Pertahanan dan Keamanan Negara maju
seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan
dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang
dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen
yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa
mengalahkan lawanlawanya.
11. Bidang
Olah Raga
Bidang Olah Raga Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh
satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan
ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga
sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.
2.5 Kritik Para Pakar Tentang Perkembangan
Komputer
Terjadi
perbedaan pendapat dalam
masyarakat tentang perkembangan komputer, apakah ia
hanya merupakan alat semata atau bahkan mulai membahayakan kebebasan
manusia dan lapangan kerja, dikarenakan kemampuannya yang besar dan
kecepatannya yang tinggi.
Banyak pakar dari
beberapa dasawarsa mengemukakan berbagai pendapatnya tentang perkembangan
komputer. Diantaranya adalah :
1. Lewis Mumford
Lewis Mumford adalah
seorang pengamat masalah sosial, sejak 1922 ia banyak menulis tentang masalah
sosial dan teknologi, diantaranya
pendapatnya tentang dampak dari komputer dan otomasi. Mumford tidak terlalu
terganggu oleh isyu digantikannya tenaga manusia dalam suatu proses produksi,
yang dipikirkannya adalah digantikannya kemampuan berpikir manusia oleh
komputer, karena adanya pendelegasian wewenang dalam pengambilan keputusan
berdasarkan hasil komputer; hal tersebut dampaknya akan cukup merugikan
masyarakat. Dalam hal ini ketergantungan masyarakat pada komputer menjadi
besar, padahal komputer diprogram sesuai dengan keinginan para pemimpin dan pengelola.
2. Norbert
Wiener
Dikenal sebagai bapak dari Cybernetics.
Menaruh perhatian pada dampak sosial dari otomasi. Cybernetik dan otomasi erat
hubungannya, cybernetik adalah ilmu kendali dan komunikasi pada mesin, demikian
pula berlaku pada otomasi industri, peralatan berfungsi sama dengan buruh
artinya manusia harus bersaing dengan mesin (komputer) dalam ukuran ekonomi dan
berakibat membengkaknya pengangguran
3.
Herbert
Marcuse
Herbert marcuse adalah seorang pakar filsafat dan teori politik. Ia
menyoroti hubungan antara kekuatan politik / pertumbuhan teknologi dan kualitas
kehidupan manusia. Marcuse percaya bahwa ada hubungan yang kokoh antara
kekuatan politik dan teknologi yang akan membuka jalan untuk memasyarakatkan
teknologi dengan alasan produktivitas. Otomasi akan membawa masyarakat kepada
alam sosialis, karena kegagalan dari mesin produksi kapitalis. Bila para
pekerja telah menguasai jalannya produksi, mereka akan merubah tempat kerja
menjadi lebih manusiawi. Tujuan manusia bukan lagi mengeruk keuntungan, akan
tetapi untuk meningkatkan harkat dirinya sendiri.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan materi diatas dapat disimpulkan bahwa.
Komputer adalah
sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang
dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input,
memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang
telah tersimpan di dalam memori. Perkembangan komputer dari generasi ke
generasi terus berubah dan semakin berbenah dalam hal tehknologinya. Generasi
komputer ada enam dalam perkembangannya yaitu dari generasi pertama, generasi
kedua, generasi ketiga, generasi keempat, generasi kelima dan generasi keenam.
3.2 Saran
Adapun saran yang disampaikan penulis antara lain.
Kita harus menggunakan komputer secara bijak sesuai dengan keperluan. Dan
menghindari penggunaan komputer dalam jangaka waktu lama karena dapat mengakibatkan
kerusakan pada organ tubuh .
0 komentar:
Posting Komentar